RSS

sedekah paling mudah.. :)

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” (HR. At Tirmidzi).

Siapa yang gak suka dikasih senyum?(ayo angkat tangannya!)..kayaknya hampir gak ada deh orang yang gak suka dikasih senyum. (hampir)Semua orang kayaknya suka kalo dikasih senyum, mungkin hanya segekintir orang yang gak suka disenyumin(tu orang gak punya hati kali..:p).

Senyum, sesuatu yang sebenernya gampang banget dilakuin, tapi banyak yang males melakukannya, kurang latihan mungkin..:p banyak orang yang menunggu dirinya bahagia dulu, baru dia tersenyum. Padahal lebih baik kalo dia bahagia karena dia tersenym. Jadi, hidupnya bahagia terus tuh soalnya dia sering senyum. :)

Kenapa sih kita harus senyum? Apa sih untungnya? Well, banyak banget keuntungan yang bisa kita ambil dari senyum ini. Misalnya, kalo kita senyum, orang lain pasti bales senyum(menurut riset, 98% orang di dunia akan membalas senyum jika diberikan senyuman). Seger gak tuh kalo tiap hari, tiap waktu kita ngeliat orang pada senyum?(asal jangan senyum-senyum hak jelas aja..:p). Terus, kalo ada orang yang gak balaes senyum kita gimana? Yah, anggep aja mereka termasuk kedalam orang yang 2% tadi.. :) Kalo kita lagi sebel, terus dikasih senyum, moodnya agak berubah tuh, jadi gak sepet-sepet banget mukanya. Terus, buat yang lagi bokek, tapi pengen sedekah, senyum aja. Senyum itu sedekah loh, lumayan kan kalo dalam sehari minimal kita senyum ke semua anak sekelas. It means, kita udah sedekah banyak banget di hari itu. Asiik kan?! Tapi, senyum yang gimana dulu nih? Bukan senyum sinis pastinya. Senyum sedekah itu senyum yang ikhlas dari hati. Kalo senyum disertai hati, kerasanya juga bakal lain, bikin tentram. Walaupun terlihat sepele, tapi senyum juga bernilai ibadah loh.

“Ingatlah, bahwa senyum tidak membutuhkan biaya sedikitpun, bahkan membawa dampak yang luar biasa. Tidak akan menjadi miskin orang yang memberinya, justeru akan menambah kaya bagi orang yang mendapatkannya. Senyum juga tidak memerlukan waktu yang bertele-tele, namun membekas kekal dalam ingatan sampai akhir hayat. Tidak ada seorang fakir yang tidak memilikinya, dan tidak ada seorang kaya pun yang tidak membutuhkannya.”(Dale Carnegie)Senyum ini juga dicontohkan oleh rosul kita, Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam. Rosul itu orang yang sangat murah senyum, senyumnya begitu menyejukan hati yang melihatnya. Rosul selalu tersenyum kepada para sahabatnya. Diriwayatkan dari Jabir dalam sahih Bukhari dan Muslim, berkata, “Sejak aku masuk Islam, Rasulullah saw tidak pernah menghindar dariku. Dan beliau tidak melihatku kecuali beliau pasti tersenyum kepadaku.” Nah, gimana dengan kita, sudahkah kita tersenyum setiap kali melihat teman kita?

1 comments:

Friendship Blogger mengatakan...

Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain. (HR. Ahmad)

Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sodaqoh) sebutir kurma. (Mutafaq’alaih)

Salam kenal

Posting Komentar