RSS

Jangan Berlebihan

Sebelum hari ini, saya sangat sensitif dengan materi yang satu ini. Selalu berusaha menghindarinya. Bukan tabu, hanya saja saya selalu merasa "ah, belum saatnya, masih lama" atau apapun. Selalu banyak alasan menghindari tema-tema seperti ini. bahkan saya pun menghindari bacaan-bacaan yang bertemakan ini. Barangkali bisa ditebak tema apa yang begitu sering saya hindari, munakahat. Ya, tema yang rasanya begitu sering saya hindari ini ternyata bukanlah sesuatu yang tabu untuk dibicarakan apalagi jika dihindari. Rasanya saya memiliki rasa anti yang berlebihan. Tapi hari ini mengubah cara pandang saya. Mendapatkan materi tentangnya tidak selalu buruk ternyata. begitu banyak pelajaran yang bisa diambil.

Ternyata materi-materi ini memang diberikan bukan untuk mereka yang akan menjalankan sunnah rosul yang satu ini besok atau lusa, tapi juga untuk mereka yang akan melaksanakannya di tahun-tahun yang akan datang.

Menurut sang pemberi materi tadi, ternyata persiapan itu memang perlu dilakukan jauh-jauh hari. Katakanlah jika ingin menunaikannya saat lulus kuliah, maka setidaknya sejak lulus SMA kita sudah menyiapkannya. Bukan hanya menyiapkan diri, tapi juga keluarga.

Membaca-baca atau menghadiri tema ini terkadang memang perlu, tapi bukan berarti seluruhnya jadi tema seperti ini. Sewajarnya saja. Hanya saja jangan sampai terlalu antipati. Menurut teteh pemberi materi, ketika dulunya beliau masih single, beliau sangat menghindari tema-tema seperti ini. Pikirannya persis dengan apa yang selama ini saya pikirkan, masih lama. Tapi ternyata Allah berkehendak lain, dia ditakdirkan untuk menjalaninya lebih cepat dari targetnya. Dan sekarang, dia agak kelabakan. Jangankan untuk belajar atau membaca hal ini. Menjalaninya saja menyita begitu banyak waktu.

Yah, intinya sih jangan berlebihan dalam memandang sesuatu, bisa jadi malah berakibat buruk terhadap diri sendiri. :)

1 comments:

Al-Muhtar mengatakan...

Wah wah... ^_^

Posting Komentar